Translate

Monday, July 2, 2012

Laporan Kegiatan Seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) 2012

LAPORAN KEGIATAN SELEKSI PERTUKARAN PEMUDA ANTAR NEGARA (PPAN)

2012


Di Susun oleh :


Reni Fira Mita

Indah By Duri

Meiva Mutia Rahmi

Multi Efrini

Kheny Aditiya

Wenny Elsara

 








Kegiatan Seleksi Pertukaran Antar Negara (PPAN) 2012 diadakan selama 4 hari yakni dari hari Jumat, 30 Maret 2012 sampai dengan Senin, 2 April 2012. Dimana setiap masing-masing sesi dilakukan penyeleksian yang dilakukan oleh PCMI (Purna Caraka Muda Indonesia) dan jika dinyatakan lolos, peserta berhak lanjut ke tahap selanjutnya.

Penyeleksian pertama dilaksanakan hari Jumat, 30 Maret di Gedung Pramuka, di jalan Khatib Sulaiman,Padang. Dimana tes pertama tersebut adalah membuat essay dalam berbahasa Inggris yakni antara 250-300 kata. Kami diberikan 5 topik dan harus memilih satu diantaranya.

Setelah tes tulis dilakukan, pihak PCMI memberitahukan beberapa informasi. Diantaranya adalah pengunguman peserta yang lolos ujian tulis, yakni yang akan masuk 30 besar akan disampaikan paling lambat malam itu juga. Pengunguman akan disampaikan melaui pemberitahuan di website PCMI, dan peserta akan ditelfon langsung oleh pihak PCMI itu sendiri. Sehingga para peserta yang nantinya lolos, harus datang keesokan harinya yakni sabtu, 31 Maret 2012, pukul 07.15.

Selain itu, PCMI juga mengungumkan bahwa sertifikat TOEFL harus diberikan paling lambat hari itu juga. Bagi nantinya peserta yang dinyatakan lolos namun tidak memiliki sertifikat TOEFL, maka nantinya akan dinyatakan gugur, dan untuk kemudahan, pihak PCMI merekomendasikan salah satu lembaga untuk pengurusan TOEFL yakni ETC (English Tutorial Centre) yang lokasinya tidak terlalu jauh dari gedung pramuka. Pihak PCMI telah bekerja sama dengan ETC sehingga sertifikat TOEFL dapat diambil hari itu juga. Dilatarbelakangi hal itulah, kami memberanikan diri untuk mengikuti test TOEFL tersebut dengan minimnya persiapan, baik materil maupun mental. Dikarenakan kami mempunyai kepercayaan bahwa kami mempunyai kesempatan untuk lolos ketahap selanjutnya.
Setelah melakukan test TOEFL di ETC, kami pulang ke Batusangkar dengan harapan besar kami akan lolos ketahap berikutnya. Sekitar pukul 21.00 WIB, 4 orang diantara kami mendapatkan telfon dari pihak PCMI, yang artinya 4 orang tersebut berhasil lolos ketahap 30 besar.

Karena kami harus sampai di Padang pukul 07.15, kamipun berusaha mencari travel yang berangkat pagi. Dengan sedikit kendala, akhirnya kami dapat menemukan travel yang bisa berangkat pagi yakni sekitar pukul 04.30 WIB.

Setelah sampai di Padang dengan tepat waktu, kami para peserta yang lolos 30 besar dikumpulkan di dalam gedung pramuka. Disana kami melakukan apel pagi, dan semua barang yang harus dibawa diperiksa oleh pihak PCMI. Dan agenda hari itu adalah wawancara (interview) sebanyak 7 buah interview yang dilakukan oleh masing-masing pihak yang ahli dibidangnya. Adapun wawancara tersebut adalah :

1.    Wawancara program. Yakni peserta melakukan wawancara berdasarkan program yang dipilihnya apakah peserta memilih program IMYEP (Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program, The Ship for Southeast Asian Youth Program (SSEAYP), Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP), atau Canada-Indonesia Youth Exchange Program (CIYEP). Wawancara juga meliputi pengetahuan tentang negara yang akan dituju, sistem politiknya, ekonominya dsb.

2.    Wawancara tentang Seni budaya. Yakni pengetahuan peserta tentang seni budaya minangkabau.

3.    Wawancara tentang alat musik tradisional. Yakni pengetahuan peserta tentang alat musik miangkabau. Dan keahlian apa yang dimiliki peserta dalam bidang alat musik tradisional tersebut.

4.    Wawancara dan tes kepribadian. Dimana peserta di uji kepribadiannya dengan diberi beberapa pertanyaan dan peserta akan menjawab sesuai pandangannya.

5.    Wawancara kepemimpinan dan wawasan nasional. Yakni peserta diberi beberapa pertanyaan tentang kepemimpinan dan wawasan nasional, dan diberi pertanyaan tentang beberapa kasus yang terjadi di Indonesia.

6.    Wawancara tentang potensi daerah. Yakni peserta di hadapkan pada sebuah kasus dan bagaimana cara menyikapinya, dan peserta juga di beri beberapa pertanyaan tentang potensi daerah yang berada di kawasan Sumatra Barat.

7.    Wawancara adat-istiadat minang kabau. Yakni peserta diberi pertanyaan tentang seputar adat istiadat minang kabau.

Wawancara tersebut berlangsung sampai malam, yang kemudian dilanjutkan dengan art performance atau penampilan bakat yang berlangsung sampai tengah malam. Dan kami diperbolehkan istirahat pukul 02.00 dini hari setelah melewati beberapa kendala, dan harus kembali bangun pukul 04.00 pagi.
Pukul 04.00 pagi, kami bangun dan melakukan persiapan untuk shalat subuh. Dan sekitar pukul 5 kurang lebih, kami melakukan shalat berjamaah.
Setelah shalat, kami kembali dikumpulkan didepan gedung pramuka dan melakukan senam pagi dan beberapa kegiatan santai lainnya. Setelah hal tersebut selesai, kami pun makan pagi bersama, dan diberi waktu setengah jam untuk mandi dan bersih-bersih.

Pagi itu, bertepatan pada hari Minggu, 1 April 2012, kami melanjutkan proses penyeleksian. Dimana agenda pada tanggal 1 April tersebut adalah pembuatan lukisan 3D, diskusi, debate, dan penampilan drama yang menggabungkan semua potensi peserta.
Dimulai dengan pembuatan lukisan. Dimana dibagi 6 kelompok. Kami diberi tema tentang global warming. Dalam pembuatan lukisan tersebut, kami difasilitasi cat air, kertas origami, lem, gunting, karton dsb.

Setelah selesai pembuatan lukisan tersebut, kemudian dilanjutkan dengan diskusi, dimana semua peserta dibagi lagi menjadi 6 kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang. Adapun yang didiskusikan adalah 5 judul yang menjadi topik pilihan pembuatan essay. Dimana dalam diskusi tersebut, kami dinilai bagaimana cara membawakan sebuah diskusi yang baik. Acara tersebut berlangsung hingga siang hari.

Setelah lewat waktu zuhur, acara kemudian dilanjutkan dengan debating dalam berbahasa inggris. Dimana kami di bagi kembali menjadi 6 kelompok. Debating tersebut dibagi menjadi 3 sesi. Sesi pertama antara kelompok 1 dan 2, 3 dan 4, dan demikian seterusnya. Dalam acara debat tersebut, kami diberi topik dan kami tidak dibatasi aturan apapun dalam berdebat.
Dan setelah acara debating, kemudian dilanjutkan dengan penampilan drama. Dimana dalam drama tersebut harus mencakup semua potensi dan bakat semua peserta. Tidak ada pembagian kelompok dalam penampilan tersebut. Semua peserta digabungkan dalam satu kelompok. Dalam penampilan drama tersebut, kami mengambil judul “Malin Kundang Galau”. Dimana genre dari drama tersebut adalah komedi.

Setelah penampilan drama selesai dan dinilai, tepatnya pukul 17.00 WIB sore hari, kami dikumpulkan kembali untuk pengunguman 3 besar untuk masing-masing program. Semua mata kami ditutup dengan kain. Dan pihak PCMI menuntun kami ke posisi tertentu. Dimana 12 orang diantara 30 orang (yakni peserta yang lolos 3 besar masing-masing program) dikelilingi peserta lainnya.

Peserta yang berhasil lolos ke 3 besar, akan melanjutkan interview ke kantor DISPORA keesokan harinya. Yakni bertepatan pada Senin, 2 April 2012. Dimana pihak pewawancara adalah pihak DISPORA beserta beberapa jajaran-jajarannya, yakni 5 orang pewawancara termasuk Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga. Adapun  pertanyaan yang diberikan diantaranya adalah : Apa yang anda ceritakan di negara yang anda tuju tentang Sumatra Barat dan menjelaskan kembali essay yang telah kita pilih saat test tulis sebelumnya dengan menggunakan bahasa Inggris.

Setelah wawancara dengan pihak DISPORA selesai, kami dipersilahkan untuk menunggu hasil dirumah masing-masing. Karena pengunguman akan disampaikan malalui email masing-masing. Namun, utusan pihak STAIN Batusangkar tersebut belum bisa mendapatkan peringkat pertama dalam program tersebut. Yakni hanya sampai 3 besar saja (cadangan ke-3). Berikut ringkasan kegiatan yang kami alami selama 4 hari tersebut.

1.    Hari Jum’at , 30 Maret 2012

a.    Pembukaan acara PPAN 2012 oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga
b.    Pelaksanaan test tertulis (Writing Essay) sebanyak 250 – 300 kata, yang bertempat di Gedung Pramuka Padang jam 11.00 – 12.00. Pembuatan essay tersebut berdasarkan salah satu topic dari 5 topic yang disediakan. Topic – topic tersebut adalah :
  1. Woman Empowerment.
  2. World Without Violence.
  3. Social Network as a Life Style.
  4. Young Generation as the Next Leader.
  5. Improving Quality of Education in West Sumatra.
c.    Pelaksanaan test TOEFL di ETC Padang
d.    Pengumuman nominasi yang masuk kedalam 30 besar

2.    Hari Sabtu, 31 maret 2012

a.    Apel pagi jam 7.30 di Gedung Pramuka Padang
b.    Pemeriksaan perlengkapan yang di perlukan selama karantina. Perlengkapan yang dibutuhkan diumumkan pada hari jum’at setelah ujian tertulis, antara lain:
  1. Pakaian formal yang akan dipakai selama acara karantina berlansung
  2. Pakaian daerah dan budaya minang kabau yang diperlukan untuk  penampilan seni budaya pada hari sabtu malam. Beserta perlengkapan lain yang dibutuhkan untuk penampilan, seperti alat musik, sound system, dan lain sebaginya.
  3. Pakaian unik dari berbagai bentuk sesuai keinginan.
  4. Pakaian olahraga lengkap yang diperlukan untuk olahraga pagi hari minggu.
c.    Pembagian kamar asrama yang ditentukan oleh panitia yang masing-masing kamar berisi 3 orang dari asal yang berbeda, kamar asrama terletak di lantai dua gedung Pramuka Padang.
d.    Perkenalan antar sesama peserta seleksi untuk mempermudah komunikasi.
e.    Pengarahan dari panitia dan alumni PPAN tahun-tahun sebelumnya.
f.    Wawancara tentang wawasan pengetahuan tentang program tujuan dan wawasan umum yang terdiri dari tujuh bentuk wawancara, mulai jam 11.00 am sampai jam 11.00 pm( mulai jam 4.00 pm, di selingi dengan penampilan seni):
g.    Melakukan wawancara sebanyak 7 buah, dimana pewawancara adalah orang yang ahli dibidangnya.  Adapun ke 7 wawancara tersebut adalah :
  1. Wawancara sesuai program yang diikuti, yaitu program CIYEP ( Kanada).
  2. Wawancara pengetahuan seni Budaya.
  3. Wawancara pengetahuan Alat musik tradisional.
  4. Wawancara Kepribadian.
  5. Wawancara kepemimpinan dan wawasan nasional.
  6. Wawancara pengetahuan potensi daerah.
  7. Wawancara pengetahuan adat minang kabau.
h.    Penampilan Seni Budaya dan keterampilan yang dimiliki peserta jam 4.00 pm – jam 11.00 pm. Pada sesi penampilan ini, para peserta diminta untuk mengeluarkan semua keterampilan yang dimiliki, mulai menari, bernyanyi, acting, MC, baca puisi, pantun, silat, randai, dan lain sebagainya terutama dalam budaya minangkabau dan yang berbahasa inggris.
i.    Persiapan istirahat yang dimulai dengan permainan kelompok.
j.    Melingkar bersama dan melakukan evaluasi kegiatan selama 1 hari, dan memberikan kritikan terhadap peserta dan terhadap panitia oleh peserta yang berujung perdebatan dan penundaan istirahat sampai jam 2 malam.
k.    Istirhat malam di asrama yang udah di tentukan kamar nya masing- masing.

3.    Hari Minggu, 1 April 2012.

a.    Bangun pagi jam 4.00, dan persiapan Shalat subuh.
b.    Shalat subuh.
c.    Olahraga pagi di halaman gedung Pramuka mulai jam 5.40 – 8.00 am, juga di ikuti dengan persiapan dan penampilan yel-yel.
d.    Mandi dan sarapan dan persiapan untuk acara berikutnya.
e.    Jam 9.00 am, acara kembali dimulai di aula gedung pramuka.
f.    Permainan kelompok yang terdiri dari permainan yang menunjukan cara memimpin dengan baik dan membentuk kerjasama, yaitu permainan tali.
g.    Membuat lukisan berkelompok dengan tema global warming dan solusi penanganannya.
h.    Silaturrahmi Ahmad Fuadi ( penulis negeri 5 menara) yang merupakan alumni PPAN.
i.    Diskusi kelompok dengan tema yang diberikan ketika test tertulis hari jumat.
j.    Isrirahat siang.
k.    Debat.
l.    Persiapan dan penampilan budaya bersama yang anggotanya seluruh peserta. Dalam hal ini, kami menampilkan drama malin kundang yang kami modifikasi “menjadi malin kundang galau”, dengan cerita yang lebih lucu dan menarik.
m.    Evaluasi kegiatan dan penutupan yang dilakukan dengan penyampaian aspirasi peserta.
n.    Pengumuman peserta yang masuk 3 besar masing-masing program.

4.    Hari Senin, 02 April 2012

a.    Seleksi wawancara penentuan di DISPORA. Yakni pewawancaranya adalah pihak DISPORA yang terdiri dari 5 orang yang juga ahli dibidangnya masing-masing.
b.    Pengunguman peserta yang berhasil mengikuti program yaitu 1 orang setiap masing-masing program. Yakni 1 orang ke Malaysia (IMYEP, untuk kuota putra), 1 orang ke Jepang (SSEAYP, untuk kuota putri), 1 orang ke Australia (AIYEP, untuk kuota putri), dan 1 orang ke Canada (CIYEP, untuk kuota putri).
c.    Pengunguman disampaikan melalui email masing-masing.
Jadi, acara seleksi PPAN 2012 ini dilaksanakan selama 4 hari, yang dilaksanakan di gedung pramuka dan kantor DISPORA, Padang.


No comments: